Pages

Monday, April 08, 2013

Perjalanan Terbaik, part. 4

Mekah
Lantunan Talbiyah mengiringi perjalanan kami dari Miqot di Bir Ali Madinah sampai ke Mekah Al mukaromah, sampai ada yg tertidur saking lamanya perjalanan yang memakan waktu kurang lebih 7 jam dan menempuh sekitar 400 km. Sempat mampir di rest area untuk istirahat atau kalau ada yg mau cari makan atau sholat dipersilahkan ... Nah kalo sholat ada yg memilih untuk di qoshor jamak takhir di masjidil harom sebelum thawaf  dan sa'i... tapi ada juga yg sholat di rest area ...  :)
Karena berangkat dari Madinah ba'da dhuhur akhirnya kita sampai di Mekah sekitar jam 10 malam, perjalanan yg cukup jauh itu tidak menyisakan letih sama sekali setelah kita melihat menara jam tertinggi di dunia (sering disebut grand zamzam) sebagai tanda bahwa Kabah dan masjidil Haram sudah kian mendekat ... :) kondisi masih berihrom harus hati hati terhadap larangan ihrom seperti : pakai wewangian termasuk sabun, odol, deodoran tapi masih boleh mandi asal pakai air saja , bunuh binatang/tumbuhan, pakai pakaian yg berjahit u/ ikhwannya dll (materi ini bisa di dapat pada buku tuntunan umroh/haji atau pada saat manasik haji)

menara jam tertinggi  " Grand Zamzam "

Setelah mampir ke Hotel untuk istirahat sebentar dan juga masukan koper-koper ke dalam kamar, pada jam 11 malam kita janjian untuk bersama-sama menjalankan ibadah umroh (thawaf, sa'i dan tahalul) yang dipimpin langsung oleh Ustadz pembimbing kita. Dengan didahului oleh bertalbiyah sampai masuk perkarangan masjidil Haram kemudian baca doa masuk masjid (ayo apa doanya... :)? ) akhirnya kita masuk masjidil Haram dari babussalam (kayaknya pintu utamanya deh ... paling besar dan paling rame sih ...) sebentar mencari space untuk sholat maghrib dan isha di qoshor jama' takhir dengan sebelumnya meminum air zam zam langsung dari tempatnya... :)

tempat air zamzam di masjid Nabawi, di masjidil Haram jg sama

o.. iya disepanjang jalan menuju masjid terdapat plastik gulungan yg bisa kita ambil sebagai  tempat sandal kita, saran saya mah dimasukan aja ke tas kecil sandalnya setelah diplastikin (pengalaman hilang di umroh yg kedua karena di titip di sebuah sudut masjidil Haram dan juga biar ga bingung kita mencari sandal kita ditaruh dimana... banyak pintu, banyak penitipan sendal ... he he mirip juga di masjid Nabawi juga begini ... )

masjidil Haram di waktu siang

Yak lanjut ceritanya ya.... he he...  akhirnya thawaf dimulai kali ini edisi thawaf berkelompok sekitar 15 an orang dan campur antara yg muda dengan yg tua, yg ikhwan dan yg akhwat. Karena ini perdana kita diminta untuk tetap berkelompok, 7 kali thawaf dimulai dari lampu hijau sebelah kanan kita itu bertepatan dengan hajar aswad... bismillahi allahu akbar... bismillahi allahu akbar... bismillahi allahu akbar ... sambil tangan dilambaikan ke arah hajar aswad...  (khusus thawaf , jangan lupa bahu kanan kita harus terlihat ya... khusus ikhwan nih) doa dan dzikir langsung berhamburan setelah itu .... sampai di rukun yamani (satu sisi kabah sebelum sisi hajar aswad yg sisinya terlihat batu kabahnya) langsung berdoa sapu jagad ... rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqina adzabannar... akhirnya ... tidak terasa sudah putaran yg terakhir, kita langsung menjauh dari kabah agar bisa keluar dari putaran thawaf untuk menuju ke maqom ibrahim (ini bukan kuburan nabi Ibrahim loh ...) untuk sholat sunah thawaf 2 rakaat (rakaat 1 baca alkafirun dan rakaat 2 baca alikhlas, tentunya setelah baca alfatihah... :)... ),  minum air zamzam (jgn lupa berdoa ... ) dan istirahat sebentar sekedar merenggangkan otot otot...  he he ...


thawaf di pagi hari

Masuk ke babusshofwa untuk memulai sa'i, ikuti arusnya karena pintu ini berada ditengah antara shofa dan Marwa, kita mulainya tepat di bukit Shofwa .. inna shofwa wal marwa min sa'airillah ... yg kita ucapkan pas mendaki bukit shofwa, di atasnya kita menghadap kabah dan berdoa dimulai ... (do'anya lihat di buku panduannya aja ya... ), nah cara menghitungnya dari Shafwa - Marwa dihitung 1 dan dari Marwa ke Shofwa di hitung 1 juga ...  jadinya kita akan berakhir di Marwa ya setelah sudah 7 kali ... o iya ... tepat di area lampu hijau disunahkan berlari kecil untuk ikhwannya seraya membaca do'a robbighfir warham wa anta a'azul akrom ... selama Sa'i perbanyaklah tahlil dan do'a ... setelah selesai, di Bukit Marwa kita tahallul dilanjutkan dengan berdoa masing-masing ... untuk ikhwan sebaiknya rambutnya di cukur gundul habis, karena akan mendapat 3 kali doa ampunan /rahmat dari Nabi SAW, gundulinnya nanti aja di tukang cukur... disini cukup syarat tahalul aja, di potong rambutnya minimal 3 lembar ... he he he .. kalau ga mau gundul ya ga apa apa, sah kok tahalulnya cuma hanya mendapat 1 kali dari Doa Nabi SAW.

Begitu pemirsa.... ibadah umroh ini akhirnya bisa kami selesaikan sekitar jam setengah 4 pagi, balik ke hotel untuk istirahat sebentar dan kembali ke masjidil Haram untuk sholat QL dan Subuh berjamaah... duh indahnya ... kangen banget nih .... balik lagi yuk ... :)

depan kabah, sisi rukun yamani

eh iya hampir lupa...  di masjid Nabawi maupun masjidil Haram setiap waktu sholat pasti ada shalat jenazah ... ini dilakukan setelah sholat fardhu ... jadi jgn buru-buru sholat sunah rawatib ... tunggu iqomah sholat jenazah dari petugasnya .... pahalanya besar loh seperti 1 gunung uhud... (sdh lihatkan gunung uhud segede apa ... :)? ) sayang untuk dilewatkan ...


... bersambung ...

No comments: